Rabu, 16 September 2009

SEMINAR ILMIAH & PEMBUKAAN SCIENCE WEEK 2009 GRAFITASI

Pertengahan Agustus 2009, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Fisika Grafitasi, akan menggelar rangkaian acara Science Week 2009. Meliputi, seminar ilmiah bagi mahasiswa dan umum, workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru SMP dan SMA se-Jateng dan DIY, dan lomba fisika bagi siswa siswi SMP dan SMA se-Jateng dan DIY. Science Week 2009, mengambil tema Formulasikan Jiwa dan Wujudkan Cita Fisika untuk Dunia.
Rabu, 12 Agustus 2009, HMP Fisika Grafitasi menggelar seminar ilmiah, sekaligus pembukaan rangkaian acara Science Week 2009 secara resmi oleh Pembantu Dekan 3 FKIP UNS, Drs. Amir Fuady, M. Hum. Tema dari seminar ini adalah Seberapa Besar Gelombang Elektromagnetik Otak Berpengaruh pada Kekuatan Pikiran. Bertempat di ruang sidang II gedung A FKIP UNS, dan dihadiri tidak kurang dari 136 peserta dari dalam dan luar UNS.
Heru Edi Kurniawan selaku ketua panitia Science Week 2009 mengungkapkan, bahwa yang melatarbelakangi seminar ilmiah ini, adalah mahasiswa sebagai intelektual muda dan agent of change yang tangguh, perlu persiapan-persiapan dengan meningkatkan skill berfikir ilmiah, agar bisa melanjutkan estafet penelitian dan penemuan baru dalam perkembangan IPTEK. Diungkapkannya pula, seminar ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam meningkatkan skill berfikir ilmiah serta menambah wawasan dan pengetahuan terutama dalam kaitannya dengan tema semil Seberapa Besar Gelombang Elektromagnetik Otak Berpengaruh pada Kekuatan Pikiran, sehingga mahasiswa mengetahui kekuatan berpikir manusia dan pengaruh musik klasik terhadap kecerdasan otak.
Menghadirkan dua orang pembicara, yaitu Prof. Dr. Aris Sudiyanto, dr. Sp. KJ, yang membahas tentang kaitan otak dengan perilaku manusia, dan Dr. Eng. Budi Purnama, S. Si, M. Si, yang membahas tentang How brain cell communicate. Masing-masing pembicara menyampaikan materi selama 45 menit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 60 menit. Dalam simpulan, bahwa kontur medan magnet dalam otak menunjukkan kondisi yang berbeda saat otak melakukan aktivitas yang berbeda, dan dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik otak, diharapkan dapat memaksimalkan kinerja.
Acara yang dimulai pukul 09.00-12.30 WIB ini, secara keseluruhan berjalan dengan cukup lancar. Para peserta juga tampak antusias mengikuti seminar, dengan ditandai dari beberapa pertanyaan yang diajukan, terkait materi yang disampaikan pembicara. Harapannya, seminar ilmiah dapat digelar lagi dengan tema yang update. “Harapannya semoga acara seminar ilmiah ini tetep terus berjalan lancar dengan tema-tema yang lebih update. Cakupannya bisa diperluas baik dari segi wilayah, dan pembicara mulai tingkat regional sampai nasional. Misalnya, minimal bisa menghadirkan peneliti dari LIPI atau lulusan luar negeri yang konsen di bidangnya,”jelas Heru.

SuFi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar