Senin, 14 September 2009

LEMBAGA PERS MAHASISWA (LPM) MOTIVASI


SEKILAS SEJARAH
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) MOTIVASI merupakan salah satu lembaga pers mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta tempat mahasiswa belajar menjadi seorang jurnalis. di sela-sela kesibukan kuliah, kita mencoba untuk mengetengahkan berita-terita aktual seputar kampus. LPM MOTIVASI sebagai kesatuan gerak jurnalisme kampus, menyuguhkan sebuah organisasi yang independen dengan menjunjung tinggi idealism mahasiswa sebagai agent of change.
LPM MOTIVASI lahir tanggal 5 Mei 1985. dalam sejarahnya selama 24 tahun perjalannya, MOTIVASI telah banyak mengalami perubahan. pada awal mula eksistensinya, MOTIVASI bernama lembaga Penerbitan Mahasiswa (LPM) yang kemudian berubah nama menjadi Unit kegiatan Mahasiswa(UKM) sebagai konsekuensi dari kebijakan kampus saat itu. dalam perjalanan menemukan jati dirinya, MOTIVASI berubah menjadi Lembaga Kreativitas Mahasiswa (LKM). Hal ini mengingat keberadaan MOTIVASI sebagai lembaga yang menampung kreativitas akademika di lingkungan FKIP. banyak hal yang kemudian dipertimbangkan dan mengingat bidang geraknya dalam pers, maka berubahlah namanya menjadi Lembaga Pers Mahasiswa(LPM). Melalui goresan tinta perjuangan, MOTIVASI berusaha berpegang pada nilai-nilai kebenaran dan keadilan dengan slogan “RADIKAL, ADVOKATIF dan EDUKATIF”untuk selalu memperjuangkan hak-hak dan idealisme.

VISI DAN MISI

VISI
Visi LPM MOTIVASI adalah mewujudkan Pers Mahasiswa sebagai pilar demokrasi untuk mengontrol arah gerak dinamika kehidupan masyarakat kampus.

MISI
Misi yang diemban LPM MOTIVASI adalah :
1. mengembangkan wacana intelektualitas.
2. menciptakan integritas yang kritis, kreatif dan inovatif.
3. mewujudkan kepekaan dalam masyarakat kampus.
4. mewacanakan hak-hak dan aspirasi mahasiswa.
Bidang Kerja LPM MOTIVASI
1. Bidang Redaksi
Bidang ini membahas tentang masalah keredaksian mulai dari membahas isu, terjun ke lapangan untuk reportase, penulisan berita sampai editing. sejauh ini LPM MOTIVASI telah menelurkan Majalah Motivasi, Buletin AK-47 dan Mini Magazine Reflek.
2. Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang)
Bidang ini merupakan tubuh dari LPM MOTIVASI ini sebagai pencetak gagasan baru, baik dalam bentuk konsep-konsep maupun program-program teknis serta menghasilkan generasi penerus yang kreatif dan handal . kerja bidang Litbang meliputi pengkaderan, Riset dan Dokumentasi, serta jaringan komunikasi.
3. Bidang Perusahaan
Bidang ini adalah unit usaha yang memback-up atas pendanaan LPM MOTIVASI. lahan garapan bidang perusahaan meliputi segala bentuk kegiatan yang produktif untuk penerbitan maupun kegiatan untuk kegiatan lain. contoh kegiatan usahanya adalah layout, pencarian iklan, percetakan, sponsorship, event organizer, penerimaan segala bentuk pesanan dan kegiatan komersiil lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar