Rabu, 16 September 2009

79,73% Responden Tidak Setuju Dengan Peniadaan Pengakraban*

Tahun akademik baru, tentu tak lepas dari kedatangan mahasiswa baru. Tradisi Sambut Mahasiswa Baru (SAMARU) yang biasa dilakukan dan erat kaitannya dengan pengakraban terpaksa ditiadakan. Peniadaan pengakraban tingkat Program Studi (Prodi) di lingkungan FKIP dilakukan karena kegiatannya tidak memenuhi nilai-nilai edukatif, dan malah berbau senioritas. Keputusan ini diambil berdasarkan rapat bersama antara Pembantu Dekan I, II, III, Himpunan Mahasiswa Program studi (HMP), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP UNS.
Dihadapkan dengan realitas yang ada, crew motivasi berusaha menggali pendapat dari mahasiswa FKIP dengan penyebaran polling. Polling disebarkan pada minggu pertama bulan Agustus 2009 dengan 153 responden dengan teknik random sampling. Dari 153 mahasiswa ternyata 5 polling tidak memenuhi kriteria dan dinyatakan tidak sah. Sehingga hanya 148 polling dari 153 reponden yang akhirnya dipakai. Dari hasil polling yang dilakukan oleh Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPM MOTIVASI FKIP UNS, sebanyak 79,73% responden menyatakan tidak setuju dengan peniadaan segala bentuk pengakraban di tingkat Prodi. Alasan yang dikemukakan pun beragam, selain sebagai media pengenalan antar mahasiswa baru, pengakraban juga merupakan ajang sosialisasi dan adaptasi dengan lingkungan kampus. Sedangkan 20,27% menyatakan setuju.
Menjawab pertanyaan yang selanjutnya, ”Apakah pengakraban itu perlu dilakukan dalam penyambutan maru?”, sebanyak 89,19% reponden menyatakan perlu dengan alasan pengakraban dapat mengenalkan lingkungan kampus dan memupuk solidaritas, kerjasama dan kekompakan antar maru. Bahkan ada juga yang berpendapat, ” tanpa adanya pengakraban maru seperti anak tanpa orangtua yang akan kesulitan mengenal dunianya yang baru”. Sebaliknya, 10,81% responden menyatakan tidak perlu, pasalnya pengakraban terkadang disalahgunakan dan terdapat penyimpangan dilapangan.



*Polling tidak dimaksudkan untuk merepresentasikan seluruh mahasiswa FKIP UNS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar