Rabu, 16 September 2009

Internet Ficos

Internet merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan mahasiswa. Oleh karena itu, sekarang di FKIP muncul layanan internet yang sering disebut ficos. Mahasiswa FKIP pun bisa menggunakan layanan itu dengan tarif yang lebih murah. Selain itu mahasiswa FKIP juga dapat mengikuti proses magang tentunya dengan melalui proses seleksi.

Internet di zaman sekarang merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan mahasiswa, baik itu untuk mencari bahan tugas kuliah ataupun hanya sekedar membuka situs pertemanan. Oleh karena itu, sekarang di FKIP muncul layanan internet yaitu ficos. Ficos mulai aktif tanggal 3 Juni 2009. Di awal permulaan beroperasi ficos memberikan layanan free access selama satu bulan. Ficos setiap hari mulai buka pukul 08.00-17.00. Namun, waktu buka tersebut masih dapat diperpanjang apabila masih terdapat mahasiswa yang menggunakan jasa internet di ficos, seperti yang diungkapkan oleh Fajar selaku Kadiv Piar, “Ficos mulai buka pukul delapan pagi sampai lima sore. Misalnya ada yang menggunakan bisa diperpanjang sampai malam.” Fajar menambahkan bahwa jadwal jaga mingguan sebanyak enam orang yang mana jadwalnya itu dibagi sendiri-sendiri dengan pertanggungjawaban per minggu.
Sekarang di ficos memiliki total magangers sekitar 24 orang. Sistem gaji untuk magangers menggunakan sistem bagi hasil. Namun, saat ini magangers belum mendapatkan gaji karena hasil dari ficos masih difokuskan untuk perbaikan dan pengembangan infrastruktur ficos termasuk pengadaan seragam bagi magangers, seperti yang diungkapkan oleh Fajar, “Sampai saat ini belum ada gaji. Hasilnya ficos masih digunakan untuk perbaikan dan pengembangan infrastruktur termasuk pengadaan seragam. Dan ini sebelumnya sudah menjadi kesepakatan dengan magangers.” Hal serupa juga diungkapkan oleh Agus selaku sekretaris Ficos, “Untuk saat ini belum ada uang makan. Kemarin uang dialokasikan untuk seragam.” Di Ficos sendiri yang mengurus masalah gaji sampai saat ini belum ada karena SK-nya juga belum dibuatkan, tetapi ficos sudah mempunyai laporan. “Dengan berjalannya laporan direncanakan akan didapatkan SK,” tambahnya.
Syarat mahasiswa untuk bisa magang di ficos, yaitu mahasiswa FKIP UNS. Untuk syarat lain tidak ada, yang penting mahasiswa mengetahui sedikit tentang IT, seperti yang diungkapkan Agus, “Syarat magangnya, yaitu mahasiswa FKIP UNS. Sedikit banyak mengetahui tentang IT. Karena di ficos yang dicari bukan sekedar IT, tetapi memang tujuan magang yaitu belajar dengan motivasi dan keinginan yang besar.” Untuk masalah perekrutan magangers, hal ini langsung berkaitan dengan ICT seperti yang diungkapkan oleh Fajar, “Untuk masalah perekrutan langsung berkaitan dengan ICT.” Setelah lebaran magangers dijadwalkan untuk mengikuti study club. Seharusnya study club ini sudah dimulai sejak bulan Ramadhan, namun berhubung para magangers ficos didominasi oleh mahasiswa FKIP semester enam maka study club belum bisa dilaksanakan karena mahasiswa semester enam masih sibuk dengan PPL. Agus berharap supaya ICT segera membentuk jadwal study club sesuai dengan kompetensi masing-masing. Dalam satu tahun pertama nantinya akan diadakan evaluasi apa yang dapat berkembang di ficos dikelola lebih lanjut, tetapi yang tidak berkembang berarti hal-hal tersebut tidak berhubungan dengan ICT. Hal ini diungkapkan oleh Agus, “Satu tahun akan dievaluasi, yang dapat berkembang dikelola lebih lanjut, tetapi yang tidak berkembang berarti tidak sesuai dengan ICT.” Untuk angkatan pertama diperkirakan modelnya tidak satu tahun, tetapi satu setengah tahun karena angkatan pertama ini merupakan perintis.
Adanya pemasangan tarif setelah masa promosi free access selama satu bulan tidak mengurangi minat pengunjung untuk menggunakan jasa internet di ficos. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Agus, “Pengunjung tambah ramai menjadi empat sampai lima kali lipat. Sampai-sampai para pengunjung mengantri.”

Mico_Ratna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar