Senin, 19 April 2010

“…agar setiap prodi untuk lebih menegakkan tata tertib dalam berpakaian dan dalam berpenampilan…”




Ditemui disela-sela kesibukanya sebagai seorang dosen sekaligus menjabat sebagai Ketua Program Studi Fisika, Dra Rini Budiharti, M.Pd menanggapi masalah palaksanaan tata tertib penggunaan seragam di FKIP.

Benarkah Prodi Fisika telah menerapkan aturan tata tertib mengenai cara berpakaian dan berpenampilan?
Benar sekali peraturan itu sudah kami terapkan.
Sejak kapan peraturan tata tertib itu berlaku?
Sejak peraturan tersebut ditempelkan pada papan pengumuman, kira-kira dua minggu yang lalu.
Dasar pembuatannya dari mana?
Menindaklanjuti himbauan dari PD I saat rapat di dekanat agar setiap prodi untuk lebih menegakkan tata tertib dalam berpakaian dan dalam berpenampilan. Pasalnya sekarang ini pencitraan mahasiswa sebagai calon seorang guru dalam berpakaian dan berpenampilan sangatlah tidak mencerminkan sebagai seorang calon pengajar, ditambah masukan-masukan dari sejumlah dosen dan beberapa mahasiswa khususnya anak HMP yang sering kali melihat cara berpakaian mahasiswa yang tidak mencerminkan seorang calon guru.
Tujuannya untuk apa?
Basic kita kan akan menjadi seorang guru atau pendidik jadi harus memberi contoh yang baik dan benar. Kalau dalam berpakaian dan berpenampilan saja belum mencerminkan seorang pendidik, bagaimana nanti menjadi seorang pendidik yang asli?
Apakah sudah berjalan dengan baik?
Baru berjalan dua minggu jadi belum terlalu kelihatan perkembangannya, kita lihat saja nanti.
Sanksi apa yang diberikan bagi mahasiswa yang melanggar?
Untuk sementara ini sanksi hanya berupa teguran langsung dari dosen. Kemarin saya juga menemukan salah satu mahasiswa saya yang saya anggap melanggar tata tertib. Saya panggil mahasiswa itu kemudian saya tegur. Keesokan harinya mahasiswa tersebut sudah laporan ke saya dan dia sudah memperbaiki kesalahannya.
Tentang model celana yang dikenakan itu bagaimana?
Yang penting rapi dan sopan, boleh memakai celana asalkan tidak berlebihan, misalkan, terlalu ketat dan canggung itu tidak boleh, kalaupun memakai celana jeans juga boleh asalkan yang rapi dan sopan juga.
Adakah kendala selama ini mengenai penegakan tata tertib?
Selama peraturan tersebut ditempelkan, saya belum pernah menemukan dan mendapatkan laporan dari berbagai pihak mengenai adanya sejumlah kesulitan dalam penegakan tata tertib. Jadi, saya kira kendala itu belum muncul dan belum ada.
Harapan ibu kedepan ?
Harapan saya kedepan karena peraturan itu hanya berlaku untuk prodi saya dan bukan untuk prodi yang lain maka saya berharap kepada mahasiswa saya agar benar-benar bisa menjadi seorang calon guru yang bisa memberi contoh yang baik dan benar.
Qodri_Farra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar