Minggu, 11 Oktober 2009

Pembangunan di FKIP Bagus, Tetapi Belum Tepat Sasaran

Pemandangan yang berbeda terlihat jelas di kampus FKIP. Pasalnya akhir-akhir ini terjadi pembangunan besar-besaran di FKIP. Dari pembangunan gedung F yang megah, kemudian disusul lapangan basket dan futsal serta shelter-shelter yang telah dilengkapi dengan hotspot yang mampu mengubah citra FKIP menjadi lebih berkelas.
Melihat realita tersebut, LPM Motivasi berusaha menggali pendapat dari mahasiswa FKIP mengenai pembangunan di FKIP selama ini dengan penyebaran polling kepada mahasiswa FKIP. Penyebaran polling dilakukan pada minggu pertama bulan Oktober secara acak (random sampling) dengan jumlah responden 143 mahasiswa. Dari hasil polling yang telah dilakukan sebanyak 57,9% responden menyatakan bahwa pembangunan yang dilakukan di FKIP selama ini sudah bagus. Alasan yang mereka ungkapkan pun beragam, dengan adanya pembangunan tersebut mahasiswa mendapatkan fasilitas yang lebih baik. Selain itu, pembangunan di FKIP mencerminkan adanya peningkatan yang terjadi di FKIP sendiri. Sedangkan 36,8% responden menyatakan bahwa pembangunan di FKIP biasa saja. Alasan yang mereka kemukakan adalah karena pembangunan belum dilakukan secara optimal, seperti kamar mandi yang kurang layak dan bersih. 5,3% responden lainnya menyatakan tidak mengetahui akan pembangunan di FKIP.
Menanggapi pertanyaan selanjutnya, ”Sudah tepat sasarankah pembangunan tersebut?”, sebanyak 68,43% menyatakan belum tepat karena pembangunan di FKIP masih hanya berpusat pada fasilitas luar gedung saja, sedangkan fasilitas dalam gedung terkadang terabaikan. Seperti yang diungkapkan oleh Artati, ”Menurut saya, FKIP hanya membangun bagian luarnya saja agar terlihat megah oleh orang yang melihatnya, tetapi FKIP tidak memperhatikan jika banyak sekali ruang kelas yang harus diperhatikan, jangan hanya luarnya saja.”Sebaliknya sebanyak 21,05% menyatakan bahwa pembangunan di FKIP sudah tepat sasaran dan 10,53% lainnya menyatakan tidak tahu.
Dari sebagian responden menyatakan bahwa sebaiknya yang menjadi prioritas utama dalam pembangunan di FKIP adalah ruang kuliah yang sampai saat ini masih kurang memadai. Selain itu diungkapkan bahwa fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, dan sarana prasarana lainnya juga perlu diperhatikan (diperbaiki).

*) Polling tidak dimaksudkan untuk merepresentasikan seluruh mahasiswa FKIP UNS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar