Minggu, 11 Oktober 2009

GEDUNG A BUKAN UNTUK KITA


Aktivitas di gedung A, FKIP UNS mulai menggeliat lagi. Sejak perpindahan ruang pimpinan fakultas ke gedung F. Perombakan dan perbaikan fasilitas gedung mulai terlihat di sana-sini. Tata ruang bahkan atap gedung tidak luput dari perbaikan. Pembangunan yang menghabiskan waktu lumayan cukup panjang ini ternyata bukan untuk mahasiswa S1 FKIP yang sudah lama berharap untuk menempatinya.

Perubahan yang signifikan sudah mulai terlihat di gedung A sejak dikosongkannya gedung tersebut pada April 2009 lalu. Beberapa ruangan sudah tertata dengan rapi layaknya kelas yang akan digunakan untuk kegiatan perkuliahan. Sugiyanto, Pembantu Dekan II FKIP UNS pun menyatakan bahwa gedung A memang akan dimanfaatkan untuk ruang perkuliahan. “Gedung A akan kami programkan untuk penambahan ruang kuliah, lab. komputer, ICT Center, PPL, PSB, ruang skripsi, dan sekretariat kegiatan sehingga nantinya dapat dimanfaatkan lebih optimal,” paparnya.
Beberapa jurusan dan program studi berharap akan bisa menempatinya. Bahkan berita yang santer terdengar adalah akan digunakannya gedung tersebut untuk jurusan Pendidikan tekhnik mesin (PTK) dan Bimbingan Konseling (BK). Pada awal pembangunannya, pihak pimpinan fakultas yang diwakili oleh Pembantu Dekan II menyatakan, “Gedung A adalah milik fakultas jadi bukan untuk salah satu prodi”. Namun, keterangan terakhir yang diberikan oleh Winardi, salah satu petugas keamanan di gedung A menyatakan bahwa gedung A yang sudah selesai direnovasi akan dimanfaatkan sebagai ruang kuliah mahasiswa S2 dan S3 Prodi Ekonomi. “Saat ini, pendaftaran untuk program S2 dan S3 Ekonomi sudah dibuka dan seleksi dilakukan langsung oleh Bapak Trisno Martono yang sekarang menjadi direktur Pasca Sarjana”, tuturnya. Baru dua belas orang yang lulus dalam seleksi yang dilakukan untuk memulai awal perkuliahan yang direncanakan akan dimulai tahun ini. Pernyataan tersebut sekaligus menegaskan bahwa gedung A pascarenovasi tidak diperuntukkan sebagai ruang kuliah mahasiswa S1 FKIP. Baik prodi maupun jurusan apapun.
Menurut rencana, pembangunan gedung A akan selesai pada semester ini. Namun, salah satu pekerja yang ikut dalam proyek renovasi gedung tersebut mengungkapkan bahwa renovasi baru akan selesai pada dua bulan yang akan datang. “Itupun kalau pekerja yang datang paling tidak lima orang per hari”, paparnya. Kegiatan renovasi yang setiap harinya berlangsung dari pukul 08.00 – 15.00 WIB diakuinya tersendat karena sedikitnya pekerja yang bergabung di dalamnya. “Sistem kerja kami adalah sistem harian. Jadi, pembangunan ini menjadi lama, karena setiap pekerja belum tentu datang tiap harinya. Bahkan seringkali cuma dua orang saja yang datang”, tambahnya. “Kalaupun yang datang enam orang, biasanya yang satu orang dipindah kemana gitu…jadi pindah-pindah…,” tambah salah satu tukang yang tidak mau disebutkan namanya.
Mahasiswa pun angkat bicara menanggapi hal tersebut. “Kalaupun bukan untuk kita, yang penting pembangunan dan renovasi gedung segera selesai. Jadi, kita tidak terganggu dengan suara bisingnya”, ungkap Wulan, mahasiswi Prodi Sejaran angkatan 2007. “Begitu juga dengan pembangunan gedung-gedung lainnya yang ada di FKIP”, tandasnya.
Kikis_Endah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar