Selasa, 18 Mei 2010

“Ya minta ke bendahara IOM no mas!, nek kula mosok yo reti...,”

Salah satu kutipan wawancara dengan ibu Sutinem, pembantu bendahara keuangan.

IOM itu apa dan adanya sejak kapan sih Bu?
IOM itu Ikatan Orang tua Mahasiswa. Kalau adanya kapan saya nggak ingat i mas, soalnya saya cuma mbantu di sini. Kalau tidak salah buku yang dipindah ke saya itu tahun 2001, tetapi untuk pemasrahannya ke saya tahun 2003 itu dari buku yang lama yang dipasrahkan ke saya dari pengurus sebelumnya.
IOM diperuntukkan untuk siapa saja ?
Diperuntukkan untuk kepentingan mahasiswa dan untuk membangun fasilitas-fasilitas mahasiswa.
Untuk sekarang, apakah mahasiswa semua sudah bayar?
Sekarang belum bayar semua, tetapi yang belum bayar sudah direkap mbak Riris kalo nggak salah anak BEM. IOM minta batuan anak BEM terus disuruh mbantu. Kemarin yang belum bayar itu dipanggili pakai surat.
Ada LPJ IOM per tahun Bu?
LPJ-nya ada, ketua IOM membuat LPJ nanti dilaporkan ke pimpinan.
Bentuk LPJ-nya seperti apa,dihadiri siapa saja?
Bentuk LPJ-nya seperti apa saya tidak tahu, hla wong saya bukan pengurus koq. Ya Dihadiri pengurus IOM pastinya. Kalau saya tidak tahu, hla wong saya cuman mbantu di sini, staf keuangan di sini mbantu istilahnya.                
Perwakilan mahasiswa apakah juga ikut dan mengawasi LPJ IOM?
Perwakilan mahasiswa biasanya BEM. Jadi, setiap ada mahasiswa baru, itu IOM memanggil orang tua mahasiswa. BEM diundang kalau tidak salah. BEM pasti datang kepertemuan itu.
Pertemuannya seperti apa dan perwakilan mahasiswa ikut dimintai pendapat tidak Bu?      
Ya nggak tahu, nggak bisa memastikan dong, hla wong saya nggak diajak rapat kok. Saya kalau ada rapat pertemuan orang tua cuman dimintai untuk memesan konsumsi.                                                                                                                                                                     Terus hasil LPJ itu disosialisasikan ke mahasiswa tidak?
Ya nggak tahu saya.
Minta data rekapitulasi IOM-nya ada Bu?
Ya  minta ke Bendahara IOM now mas! Nek kula mosok yo reti, kula namung dijaluki laporan tiap bulan niki  sik mbayar pinten? Kalau data rekapitulasinya ada, tapi dibawa Pak Kermes, Bendahara IOM, pokoknya yang bawa bendahara.
Ibu punya data softfilenya?                                                                                                 
Itu Nggak pernah dikasih tau i mas.Buktinya pokoknya yang sudah membayar di sini sudah tercatat, Anda mau lihat bukunya gimana? Buku catatan mahasiswa uang sudah bayar IOM.
Minta buku bukti bayarnya untuk dicopy boleh Bu?
Boleh saja, tapi sebaiknya saya mengeluarkan buku itu harus dapat izin dari pengurus IOM dulu. Kalau buku itu saya serahkan ke Anda, saya harus mempunyai surat memo dari Pak Marzuki dulu. Untuk sementara ini saya kasih tahu bukunya dulu saja.
                                                                                                                        Qodri Rahmanto­_
                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar