Selasa, 18 Mei 2010

UNS SEMINGGU


UNS ISLAMIC BOOK FAIR


(AK47, FKIP UNS) Senin (4/5), bertempat di perpustakaan pusat UNS  yang bekerja sama dengan CV. IDEA PRIMA GROUP, salah satu distributor buku di Solo turut berusaha memberikan suatu bentuk pelayanan dengan menyuguhkan bazar buku yang bertema UNS Islamic Book Fair. Rahmadi (21 tahun) penjaga bazar buku tersebut menjelaskan pihaknya telah meminta izin kepada pihak perpustakaan untuk bisa melaksanakan kegiatan bazar buku. Bazar tersebut dibuka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB yang berlangsung dari tanggal 03 - 12 Mei 2010. Bazar buku tersebut memberikan harga diskon  hingga 50%.
Setelah dikonfirmasi, kegiatan tersebut sengaja diadakan selain mencari defisit keuntungan ternyata mempunyai tujuan yang baik, yaitu ingin menumbuhkan jiwa membaca bagi para mahasiswa karena dengan membaca diharapkan prestasi    akademik mahasiswa akan lebih baik lagi. Bazar tersebut menjual buku-buku yang pada umumnya berhubungan dengan islamic sesuai dengan tema bazar. Baru dua hari berlangsung, ternyata kegiatan tersebut mendapat antusias yang cukup bagus dari para mahasiswa. Hal itu terbukti pada hari kedua saja sudah mampu menjual 50 buku lebih. Hal tersebut tidak terlepas dari letak yang strategis, yaitu di perpustakaan pusat yang mana kita ketahui bersama bahwa setiap hari perpustakaan pusat selalu ramai dikunjungi oleh mahasiswa. Dengan demikian dari pihak penyelenggara bazar tersebut berharap kedepannya nanti akan mendapat antusias yang lebih baik lagi khususnya dari para mahasiswa.

Dadan_

Grafitasi Gelar Donor Darah
27 April 2010, Himpunan Mahasiswa Program (HMP) Fisika Grafitasi kembali gelar donor darah 1 (Dona 1). Kegiatan tahunan ini, bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati terhadap sesama. Digelar di lobi gedung D FKIP mulai pukul 08.00-13.30. Aksi sosial yang bekerjasama dengan PMI cabang Surakarta ini, tidak hanya mahasiswa, tetapi beberapa karyawan dan dosen ikut serta. Dona merupakan proker bidang Bidang Komunikasi dan Pengabdian Masyarakat Grafitasi, dan tercatat 65 pendonor dari lebih dari 80 pendaftar. Kegiatan serupa rencananya akan kembali digelar november mendatang.
Sufi_

PELANTIKAN 
PENGURUS BARU HIMANOMI


(AK47, FKIP UNS) Kamis (29/4),  Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi (HIMANOMI) mengadakan pelantikan pengurus baru periode 2010/2011. Acara yang diadakan di Aula gedung C ini dibuka oleh Ketua Prodi Ekonomi, Drs. Sutaryadi M.Pd. dan diikuti sekitar 65 anggota pengurus baru. Saat dikonfirmasi mengenai jalannya acara, Isna Rohima,  salah satu pantia  mengungkapkan, “Alhamdulillah acara pelantikan berjalan sukses.”
Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi (HIMANOMI) yang kini diketuai oleh Sukuh Tri Hanggono diharapkan mampu membawa angin segar dan meningkatkan kinerja anggotanya.

Menik_


BKAM Satukan Keluarga Fisika

1 Mei 2010, Bidang Kreatifitas Mahasiswa (BKAM) Himpunan Mahasiswa Program (HMP) Fisika Grafitasi gelar Perlombaan Masak Fisika dengan Angkatan Atas (Permitivitas), Pertandingan Futsal Antartingkat (PUSAT VI), dan lomba catur untuk dosen dan mahasiswa pendidikan fisika. Rangkaian kegiatan digelar di lapangan dan parkiran gedung B, mulai pukul 08.00-13.00. Dilatarbelakangi perlunya kekompakkan antarangkatan P. Fisika di bidang nonakademik dan perlunya sarana pengakraban antara mahasiswa dan dosen.
Lomba masak berbahan pokok tahu putih ini, hadirkan dosen P. Fisika Dr. Sarwanto dan Supurwoko, M. Si. sebagai juri. Penutupan diisi dengan pemberian tropi kreatif BKAM untuk para pemenang. Juara 1 lomba masak diraih Bidang Pembinaan, dan juara 2 angkatan 2007. Untuk lomba futsal digolkan angkatan 2007, dan lomba catur dimenangkan oleh dosen P. Fisika Dwi Teguh, M. Si.. Usai kegiatan, diharapkan rasa kekeluargaan antara mahasiswa dengan dosen semakin terjalin erat.

Sufi_


UNS JADI TUAN RUMAH MTQ XXII
TINGKAT JAWA TENGAH


(AK47, FKIP UNS) Rabu (5/5), UNS menjadi tuan rumah MTQ XXII  tingkat Jawa Tengah. Kegiatan berjalan selama tiga hari, 4 - 6 Mei 2010. Acara berlangsung di beberapa tempat berbeda yang disesuaikan dengan jenis kegiatan lomba. Diantaranya lomba tafsir yang diadakan di FISIP, lomba KTIA di MAWA , dan lomba tilawah di gedung F FKIP UNS.
Ketiga kegiatan secara serentak diadakan pada hari Rabu (5/5) dan ditutup sehari setelahnya. Lomba tilawah Al Qur’an yang diadakan di gedung F sendiri diikuti oleh 63 peserta dari berbagai Universitas di Jawa Tengah dan dimulai dari pukul 07.00-22.00 WIB . Saat dikonfirmasi pada salah satu peserta wakil UNS dari PGSD Kebumen, Dien Puspita mengatakan,  Nervous mbak, pengen latihan dulu.”



Menik_

SKI FKIP GELAR “NGOPI”

(AK47, FKIP UNS) Jum’at (30/4), Sentra kegiatan Islam (SKI) FKIP UNS mengadakan obrolan seputar terkini (Ngopi) yang mengambil judul “Kartini Dalam Munculnya Buku Habis Gelap Terbitlah Terang”. Acara juga digunakan untuk memperingati Hari Kartini.
Acara yang diselenggarakan di gedung A lantai 2 tersebut dihadiri oleh dua pembicara, yaitu dr. Marjanti dan Hanifullah Sukri, H.Hum. Para pembicara mengulas mengenai perubahan cara pandang seorang pria terhadap wanita karena sudah adanya persamaan gender yang sudah dipelopori oleh R.A Kartini. Beliau yang telah memperjuangkan hak-hak persamaan wanita dengan kaum pria.
Menurut salah satu pembicara, yaitu dr. Marjanti mengatakan bahwa peran wanita masa kini lebih tergantung pada diri sendiri, pribadi dan itu yang menentukan kualitas serta peran wanita masa kini. Acara “Ngopi” tersebut berjalan cukup lancar yang berlangsung dari pukul 13.00 - 15.00 WIB. Dari acara ini diharapkan para peserta dapat mengambil keteladanan dari sosok yang bernama Kartini.

MTV


TRAINING KESTARI HMJ P.MIPA

(AK47, FKIP UNS), Sabtu (1/5), bidang kesekretariatan HMJ P.MIPA mengadakan training KESTARI yang bertujuan untuk membekali pengurus tentang mekanisme kesekretariatan. Kegiatan yang bertempat di lobi gedung D ini dihadiri oleh 37 pengurus HMJ P.MIPA. Setelah training selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Harian Lengkap (RHL). RHL bertujuan untuk membahas masalah-masalah intern HMJ.
Acara berlangsung mulai pukul 08.00 - 11.00 WIB. Saat training, panitia memberikan banyak pelatihan tentang kegiatan kesekretariatan. Kegiatan itu antara lain: membuat surat, mempelajari aturan tanda tangan, membuat proposal serta TOR (Torm Of Reference). Sedangkan pada sesi RHL, pengurus yang datang diajak untuk mendefinisikan tentang persahabatan, saling menilai kelebihan dan kekurangan sesama pengurus serta memberikan kritik maupun saran.
Dengan diadakannya acara tersebut diharapkan para pengurus HMJ P.MIPA dapat lebih memahami tentang berbagai mekanisme kesekretariatan serta dapat lebih solid dalam satu wadah HMJ P.MIPA. Meskipun tidak semua pengurus dapat hadir, namun acara tetap berjalan dengan lancar dan menghasilkan satu kesimpulan bahwa perbedaan yang ada dalam HMJ P.MIPA bukanlah suatu halangan. ”.....karena kita adalah satu dalam HMJ,” tandas sekretaris umum HMJ P.MIPA, Bening Ika.


                                                                                                                        _Siska


DUTA FKIP MASUK SELEKSI KE-3

(AK47, FKIP UNS) Sabtu (1/4), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (BEM FKIP) menyelenggarakn seleksi ketiga Duta FKIP yang betempat di lantai 4 gedung D  pukul 08:00 WIB. Seleksi tersebut berupa seleksi microteaching yang diikuti oleh 10 peserta. 10 peserta yang mengikuti seleksi tersebut merupakan peserta hasil penyeleksian dari seleksi kedua yang berupa seleksi presentasi Karya Tulis.
Dalam seleksi tersebut menghadirkan tiga juri, yaitu Pak Singgih, Pak Imam, dan Pak Hermawan (dosen PLB). Hasil seleksi ketiga tersebut akan diumumkan lewat sms dan dapat pula dilihat di pengumuman. Seleksi terakhir kemungkinan diadakan pada Sabtu (8/5) mendatang. Acara Duta FKIP ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mencari dan memilih putra putri FKIP yang berkompeten yang dapat menunjukan output dari seorang lulusan FKIP yang sesuai dengan visi dan misi FKIP “Berkarakter Kuat dan Cerdas”.

                                                                                                                                    Tata’




Tidak ada komentar:

Posting Komentar