Minggu, 08 November 2009

IOM HUTANG 49 UNIT KOMPUTER KEPADA MAHASISWA FKIP

Baru 51 unit komputer -dari 100 unit yang direncanakan- yang dapat dipenuhi oleh dana Ikatan Orangtua Mahasiswa (IOM) periode 2008/2009 untuk pengembangan ICT FKIP. Sisanya baru akan dipenuhi setelah mahasiswa membayar lunas karena kas IOM dinyatakan kosong.

Dibalik keberhasilan pembangunan lapangan futsal FKIP, IOM periode 2008/2009 masih memiliki program kerja lama yang belum tuntas. Ini tentang pengadaan 100 unit komputer yang belum terealisasi dengan sempurna. Dari target yang disebutkan, baru 51 komputer saja yang terpenuhi. Ketua IOM, Marzuki tidak mengelak ketika dikonfirmasi masalah tersebut, “masih ada 49 unit komputer lagi yang harusnya kami (pengurus IOM periode 2008/2009) penuhi”.
51 unit yang mampu direalisasikan telah dioperasionalkan dan dapat digunakan oleh mahasiswa. Komputer-komputer tersebut ditempatkan di FICOS FKIP yang keberadaanya mendapatkan sambutan yang cukup antusias dari mahasiswa. “51 unit komputer yang ada ditempatkan di FICOS sebagai layanan IT mahasiswa”, tutur Agus, Ketua FICOS.
Mengenai kapan waktu untuk pemenuhan masih kurang tidak ada yang berani memastikan, baik itu dari ketua IOM sendiri maupun ketua FICOS FKIP. “Kami tidak bisa memberikan keterangan kapan waktu yang pasti untuk dapat melengkapi kekurangan 49 unit komputer tersebut karena ini berkaitan dengan uang”, tegas Marzuki. Di sisi lain banyak mahasiswa yang berharap untuk kekurangan tersebut segera terpenuhi. “Jika itu sudah menjadi program dan dananya dari mahasiswa, ya mohon segera dipenuhi”, ungkap Titis, salah satu mahasiswa prodi sejarah.
Namun, agaknya mahasiswa FKIP yang berada di Kampus Kentingan harus rela berbagi dengan mahasiswa yang berada di kampus wilayah. Ketika dilakukan konfirmasi, Agus mengungkapkan bahwa 49 unit komputer ini akan ditempatkan di kampus luar Kentingan. “49 unit komputer ini akan diletakkan di POK, PGSD, PGTK, dan PTM yang juga membutuhkan pelayanan IT”. Meskipun begitu, ia mengamini bahwa 51 unit komputer yang sekarang ini dimanfaatkan oleh FICOS masih kurang. “51 unit komputer yang di sini masih belum mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa,” ungkapnya.
Menanggapi hal tersebut, pengurus IOM periode ini mengaku tengah mengusahakan semaksimal mungkin. Pernyataan yang sama terus berulang ketika pengurus IOM dikonfirmasi tentang dana IOM. “Semua kembali pada mahasiswa. Kalau mereka segera membayar IOM kami akan dapat segera mengalokasikannya,” ungkap Marzuki. Selanjutnya marzuki menjelaskan bahwa keadaan kas IOM untuk saat ini mengalami kekosongan dana. “Ada sekitar 2 milyar lebih dana IOM dari tahun 2004 yang hingga kini yang belum terbayarkan sehingga kami tidak berani untuk menjanjikan kapan waktu pemenuhan 49 unit komputer tersebut,” tambah Marzuki. “Kalau ingin fasilitas terpenuhi maka IOM harus lunas dahulu,” tandasnya mengakhiri pembicaraan. Lapangan futsal yang ada di depan KBM FKIP adalah salah satu hasil alokasi dana IOM yang baru beberapa waktu lalu rampung penggarapannya.

Djoko_Ratna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar