Minggu, 08 November 2009

87.33% Responden Menyatakan “Partai belum Menampung Aspirasi Mahasiswa” Dewi: ”karena hidup partai hanya ada pas pemilu aja”


Pesta demokrasi mahasiswa atau yang biasa dikenal dengan Pemilu, tak lama lagi akan dilaksanakan. Bulan november ini akan diadakan pemilihan Calon Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (Capres BEM Univ) beserta pihak legislatif Dewan Mahasiswa Universitas (DEMA Univ).
Dihadapkan dengan realita tersebut, Crew LPM Motivasi berusaha menggali data dari mahasiswa se-Universitas tentang seberapa jauh mahasiswa UNS mengetahui pesta demokrasi (Pemilu) November ini dengan penyebaran polling secara acak (random sampling) kepada mahasiswa. Penyebaran polling dilakukan pada minngu pertama bulan November, dengan jumlah responden 150 mahasiswa. Dari hasil polling yang telah dilakukan oleh Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPM MOTIVASI FKIP UNS, sebanyak 83.33% responden menyatakan “tidak tau” partai apa saja yang lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sedangkan 16.67% menyatakan “tau” partai apa saja yang telah lolos verifikasi. 83.33% merupakan jumlah yang cukup banyak. Bila 83.33% responden saja menyatakan tidak tau partai apa saja yang lolos verifikasi, lalu bagaimana sosialisasi dari KPU? Apakah dapat dikatakan berhasil?
Menanggapi pertanyaan yang kedua, ”Menurut anda, apakah partai yang telah lolos verifikasi KPU telah melakukan fungsinya sebagai penampung aspirasi mahasiswa?”. Sebanyak 87.33% menyatakan ”belum”, alasan yang dikemukakan pun beragam. Hari, salah satu mahasiswa Fakultas Sastra Indonesia menyatakan ”partai yang lolos belum melakukan fungsinya sebagai penampung aspirasi mahasiswa, alasannya karena aspirasi mahasiswa tidak begitu dihiraukan. Partai lebih sibuk mengurusi kepentingan partainya yang tidak berkaitan dengan kepentingan mahasiswa”. ”karena hidup partai hanya ada pas pemilu aja”, tambah Dewi, mahasiswa Agronomi’06.
Sedangkan 12.67% menyatakan, bahwa partai telah melakukan fungsinya sebagai penampung aspirasi mahasiswa. Alasannya, ”karena dengan adanya partai-partai yang telah lolos tersebut dapat membuktikan adanya demokrasi mahasiswa”, ungkap Lina, mahasiswa D3 Akuntansi.
Ditanya mengenai harapan dan saran terhadap partai tersebut, sebagian besar responden berharap agar partai yang ada dapat menampung aspirasi mahasiswa. Seperti yang diungkapkan oleh Flash V, mahasiswa D3 Tekomp, ”harapannya partai tersebut bisa menampung aspirasi dari mahasiswa serta dapat membawa aspirasi tersebut pada tempatnya, jangan sampai hanya formalitas, tetapi benar-benar dapat diwujudkan dalam tindakan nyata”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar